Tips Memasak Steak Yang Mudah

December 14, 2018

Tips Memasak Steak Yang Mudah

Memasak steak terdengar gampang namun masih saja gagal sesudah sekian kali mencoba. Lantas unsur mana yang salah? Mungkin OpenRicers pernah mengalaminya bukan? Bagaimana andai kita berbagi 'ilmu' memasak steak yang benar supaya tak lagi merasakan kegagalan. Info seputar kuliner berikut bakal mengupas seluk beluk memasak steak menurut keterangan dari chef profesional. Sebentar lagi anda akan memahami bagaimana teknik memasak steak dengan mengekor aturan simpel berikut. Dan setelah tidak banyak latihan, tentu anda akan dengan mahir memasak steak yang sempurna masing-masing waktu.



Langkah kesatu, pasti saja memilih daging yang tepat. Sering kali daging steak terasa keras atau alot. Bisa saja kekeliruan terletak dari salah memilih daging. Daging yang paling sesuai untuk diciptakan steak pasti saja daging has dalam atau tenderloin. Namun andai kamu mengharapkan ada tidak banyak lemak dapat memakai jenis daging sirloin, T-bone atau rib eye. Ketebalan daging idealnya 2 cm, terlampau tipis atau terlampau tebal akan memprovokasi tingkat kematangannya.



Langkah kedua, membumbui daging. Step ini sangat urgen jadi tidak boleh dilewatkan ya OpenRicers. Bumbu simpel namun lumayan untuk mengusung rasa daging ialah garam dan lada. Kamu tak butuh membumbui daging dengan rempah yang berlebihan karena nantinya daging pun akan diberi sausnya. Namun satu urusan yang butuh diperhatikan, tak perlu terlampau lama membumbui daging dengan garam dan lada. Cukup maksimal satu jam seraya menyesuaikan suhu daging dengan suhu ruangan. Jika terlampau lama garam bakal 'merubah' tekstur daging menjadi terlampau lunak. Pastinya anda tak hendak kehilangan tekstur serat daging bukan.



Langkah ketiga, memanggang daging. Pada etape ini anda harus meyakinkan wajan anti lengket telah dalam suasana panas. Gunakan wajan datar dengan dasar tebal dan panaskan dengan api sedang. Oleskan tidak banyak minyak dengan kuas kemudian letakkan daging dan biarkan sampai matang. Hindari membolak balik daging, menusuk atau menggeser posisi daging. Berapa lama masa-masa yang diperlukan untuk memasak daging steak, inilah penjelasannya :


Tingkat kematangan blue: 1 menit setiap sisi Tingkat kematangan rare: 1½ menit setiap sisi Tingkat kematangan medium rare: 2 menit setiap sisi Tingkat kematangan medium: 2¼ menit setiap sisi Tingkat kematangan medium-well done: 2½ - 3 menit setiap sisi Pastikan tidak memasak lebih dari dua potong daging dalam satu wajan untuk menangkal suhunya turun. Panas yang tinggi bakal meyakinkan cairan daging terperangkap di dalam sampai-sampai daging terasa juicy dan renyah di luar.



Langkah keempat, untuk memeriksa apakah daging telah matang atau belum. Cukup tekan permukaan daging andai terasa kencang dan kenyal itu dengan kata lain daging telah matang. Hindari menusuk daging dengan garpu atau pisau yang bisa jadi dapat merusak tekstur daging dan menghilangkan sensasi juicynya. Cukup sekali saja membalik steak saat berkeinginan mematangkan sisi satunya. Jika daging melekat pada wajan tidak boleh terburu-buru mengesernya biarkan sesaat, lemak dan minyak yang terbit dari daging bakal dengan sendirinya 'melepas' daging dari wajan. Perhatikan gambar berikut teknik mengecek tingkat kekenyalan daging.



Langkah kelima, sesudah daging matang tidak boleh langsung disajikan. Memang sepertinya mencicipi makanan hangat yang baru saja matang paling menggiurkan. Namun urusan itu justru anggapan yang salah, khususnya untuk steak. Diperlukan minimal 10 menit membalut steak dengan alumunium foil dan 'mengistirahatkannya'. Hal ini bertujuan guna meyakinkan cairan dalam daging tidak mendadak hilang dan memastikan tekstur serat tetap lembut. Langkah terakhir, menciptakan sausnya. Di samping sebagai bumbu yang meningkatkan citarasa steak. Saus juga bermanfaat menghangatkan pulang daging steak yang sempat diistirahatkan tadi. Masak saus kesayangan kamu dengan saldo minyak memasak steak. Minyak yang berlebih ketika memasak steak tadi juga dapat dipakai guna menumis sayuran dan kentang sebagai pendamping steak. Bagaimana gampang bukan OpenRicers? Jika sudah memahami triknya pasti proses menciptakan steak bukanlah urusan yang susah lagi ya. Lihat referensi resto steak lezat di review restoran sebagai 'ilmu' tambahan teknik membuat steak yang sempurna.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »