Tips Memasak di Rumah untuk Penderita Diabetes

December 14, 2018

Tips Memasak di Rumah untuk Penderita Diabetes

Mempersiapkan dan memasak makanan untuk penderita diabetes bisa menjadi suatu tantangan tersendiri. Tentunya, penderita diabetes juga tetap hendak makan enak tanpa mesti mengganggu kesehatan, khususnya kadar gula darahnya.

Sebenarnya, kadar gula dalam makanan bukanlah satu-satunya urusan yang perlu diacuhkan saat memasak makanan guna penderita diabetes. Kandungan lain laksana lemak, gula, dan jumlah kalori borongan menu makanan pun butuh dicermati. Hal ini sebab diabetes juga diprovokasi oleh profil lemak tubuh, berat badan, dan lain-lain.

Namun, tak butuh khawatir sebab ada sekian banyak  tips memasak yang aman guna diabetes sampai-sampai penderita diabetes tetap dapat makan enak sambil mengawal kesehatannya. Hanya dibutuhkan kreativitas lebih dan pun ketelitian supaya setiap tahapan dan bahan dipertimbangkan dengan saksama.

Kiat memasak guna penderita diabetes

Beberapa prinsip gampang dalam memasak yang aman guna penderita diabetes, di antaranya menyimak bahan makanan yang dipilih, teknik memasak, opsi bumbu, dan perhitungan porsi.

Bahan makanan

Selama memungkinkan, pilihlah bahan makanan yang berisi rendah lemak. Misalnya ketika memilih ayam, pilih unsur dada tanpa kulit dan hindari unsur paha. Atau ketika memilih daging merah, pilih unsur yang tidak berlemak dan buang unsur berlemak yang terlihat.

Begitu pun dengan memilih minyak guna memasak. Meski bentukan minyak/lemak padat tergolong jarang dipakai secara umum di Indonesia, tidak jarang kali pilih minyak cair guna memasak sebab berisi lebih tidak banyak lemak trans. Ketahui pun jenis minyak goreng yang lebih sehat guna memasak, laksana minyak kanola dan minyak jagung.

Untuk produk susu laksana susu, keju, dan yoghurt, pilih pun jenis yang rendah lemak. Hindari susu full-cream, khususnya susu kental manis, sebab kandungan gulanya tinggi.

Sebagai sumber energi, orang Indonesia seringkali mengandalkan nasi putih sebagai bahan makanan pokok. Anda bisa mengubah nasi putih dengan sumber energi lain, contohnya nasi merah, kentang, atau gandum. kita juga dapat menghindari karbo sama sekali dan menggandakan konsumsi protein dan serat laksana sayur dan buah.

Cara memasak

Meski sudah memilih minyak yang lebih sehat guna memasak, bukan berarti kita boleh mencicipi makanan goreng-gorengan masing-masing saat. Sebisa mungkin, tetaplah hindari memasak dengan teknik menggoreng dan beralihlah ke opsi teknik memasak yang lain.

Anda dapat mencoba variasi menumis, memanggang, merebus, atau mengukus makanan. Kuncinya ialah dengan tetap mementingkan rasa sampai-sampai makanan tidak terasa hambar, walau lebih sehat.

Contohnya ketika mengukus, kita dapat memakai air kaldu alami sampai-sampai makanan menjadi lebih bercita rasa bila dikomparasikan dengan ketika dikukus memakai air biasa.

Memilih bumbu
Menghindari makanan tinggi gula dan garam urgen untuk penderita diabetes. Mengapa garam pun perlu dihindari? Karena kandungan garam yang tinggi pun dapat menyebabkan sekian banyak  penyakit, misalnya menambah tekanan darah dan memperbesar risiko penyakit jantung serta stroke. Padahal, makanan Indonesia identik dengan rasa yang asin dan gurih.

Sebagai alternatif, Anda dapat membumbui makanan dengan opsi bumbu lain laksana herba kering, bawang merah, bawang putih, dan merica. kita juga dapat menggunakan kaldu ayam, daging, atau jamur sebagai penambah rasa gurih pada masakan.

Menghitung porsi
Makan dengan jumlah porsi yang tepat pun penting guna penderita diabetes. Sederhananya, dalam porsi terkontrol sebetulnya tidak terdapat makanan yang menjadi pantangan total untuk penderita diabetes. Namun, sulitnya menghitung porsi dan kalori dari tiap makanan menciptakan pasien tak jarang memilih guna menghindari sama sekali makanan tersebut.

Penting untuk penderita diabetes guna mengetahui keperluan kalori hariannya, dan bisa membaginya menjadi sejumlah porsi santap dengan komposisi bahan makanan yang berbeda.

Sebagai contoh: andai terhitung keperluan kalori sehari ialah 2.000, jangan melulu menghitungnya dalam 1 kali porsi makan. Untuk menjadi 3 kali santap besar dan 3 kali camilan selingan, sampai-sampai porsi setiap santap tidak menjadi terlalu tidak sedikit dan Anda dapat terhindar dari rasa lapar sepanjang hari.

Bagaimana? Tidak sulit, bukan, memasak menu makanan guna penderita diabetes? Tentunya, sesuaikan dengan ajakan dokter dan obat-obatan yang diminum andai ada. Berkonsultasi dengan berpengalaman nutrisi pun dapat dilakukan, supaya mendapatkan program diet yang cocok dengan profil tubuh dan situasi diabetes.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »