Tips Memasak Kepiting Anti Ribet

December 14, 2018

Tips Memasak Kepiting Anti Ribet

Dari sekian tidak sedikit pilihan seafood terselip di antaranya kepiting, lobster, atau jenis-jenis krustasea lainnya laksana udang. Mungkin melulu yang terakhir yang sangat kita tidak jarang olah di dapur ketimbang kepiting misalnya. Apakah sebab rasa ragu mengenai metodenya ataukan melulu karena terindimidasi dengan bentuknya? Apapun itu, aku hendak mengajak anda menaklukkan perasaan tersebut dan berbagi tips memasak kepiting mudah.

Krustasea atau jenis seafood yang seringkali berubah warna menjadi oranye saat dimasak memang dihargai lumayan mahal. Udang tidak jarang kali menjadi opsi lebih murah sebab relatif gampang diolah, enak, dan terdapat dalam bermacam-macam jenis. Sementara yang mempunyai kulit kokoh dan capit laksana kepiting atau lobster, wah barangkali lebih enak menikmatinya di restoran kali ya bila kurang pede mengolahnya.

Padahal tidak sedikit cara memasak kepiting kok teman-teman. Memang tadinya aku pun ragu saat menghadapinya namun ternyata tidak yang semenakutkan tersebut justru. Bahkan kepiting hidup jauh lebih lezat saat kita sukses mengolahnya.

Kuncinya ialah “menjinakkan” dulu kepiting sebelum dimasak. Paling mudah seringkali dimasukkan dulu ke dalam freezer atau kotak pendingin. Tidak lama, kepiting bakal menjadi lesu dan gampang dikendalikan. Pada ketika itulah waktunya guna dimasak.

Nah, anda baca yuk tips memasak kepiting supaya makan malam hari lebih istimewa!

1. Merebus kepiting

Metode ini ialah cara sangat umum sekaligus paling gampang dalam mengubah kepiting. Cukup dengan mendidihkan air yang sudah digarami di dalam panci besar terlebih dahulu. Kemudian masukkan kepiting dan pulang didihkan air sampai kepiting matang dan mengambang. Lama merebus seringkali hanya selama 10-15 menit.

2. Mengukus kepiting

Mengukus ialah alternatif yang tepat guna memasak kepiting. (Foto: Shutterstock)
Makanan yang dikukus tidak jarang kali menjadi favoritku sebab konon di samping lebih sehat, kandungan nutrisi lebih terjaga dikomparasikan ketika dimasak dengan teknik lain. Selain tersebut daging seringkali terasa lebih juicy.

Pertama siapkan panci kukusan dan tambahkan air garam secukupnya di dasar. Kemudian sesudah panas, taruh kepiting di dalam panci kukusan. Tutup panci dan biarkan sekitar 15 menit kepiting terkukus di atas api sedang. Setelahnya ambil dengan memakai jepitan dan biarkan sejenak guna sejuk supaya mudah memungut dagingnya.

3. Membakar kepiting

Salah satu teknik mengolah kesayangan untuk dinikmati di restoran biasanya ialah dengan menghanguskan kepiting. (Foto: Shutterstock)
Salah satu yang selalu dibidik saat berangjangsana ke restoran seafood ialah kepiting bakar. Begitu tidak sedikit yang kombinasi rasa yang dapat dicoba mulai dari gaya tradisional sampai bumbu marinasi khas Barat. Meskipun masih terbilang lumayan mudah, teknik menghanguskan membutuhkan sejumlah tambahan tahapan dibanding teknik lainnya.

Pertama-tama kepiting usahakan direbus atau dikukus separuh matang terlebih dahulu. Bersihkan dan marinasi kepiting dengan bumbu pilihanmu. Selanjutnya bakar kepiting di masing-masing sisinya tidak cukup lebih sekitar 5 menit. Lumuri dengan bumbu marinasinya bila perlu supaya permukaan kepiting tidak kering dan menjadi susah diangkat. Kepiting lantas siap dinikmati!

Selain tersebut kepiting juga dapat diolah dengan teknik dipanggang di oven, tapi cocok janjiku tadi di mula – kali ini anda akan mengubah kepiting tanpa ribet. Mudah-mudahan beda waktu anda bisa kupas lagi ya.

Nah, semoga tips singkat dariku dapat membantu anda menaklukkan makhluk cantik yang satu ini. Setelah berhasil, dipastikan rasa percaya diri anda akan bertambah dua ratus persen!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »