Tips Memasak Air Sumur Agar Tidak Bau Apek

December 14, 2018

Tips Memasak Air Sumur Agar Tidak Bau Apek

Jika kita mempunyai sumur bor di rumah, Anda dapat menghemat pengeluaran. Anda dapat mengolah air sumur menjadi air minum, tanpa melakukan pembelian air isi ulang atau kemasan yang harganya cukup mahal.

Namun, air sumur juga jika diubah atau dimasak menjadi air minum tidak tidak jarang kali enak guna diminum. Biasanya masih terasa bau apel atau bau lainnya. Maka dari itu tidak sedikit orang yang lebih memilih air isi ulang atau kemasan. Walaupun air isi ulang belum pasti bersih atau higienis guna diminum.

Padahal, bila teknik memasaknya dilaksanakan dengan benar, rasa bau apek dari air tersebut akan hilang. Berikut teknik memasak air sumur supaya enak diminum.

1. Pastikan air sumur yang dimasak masih alami. Tanpa terkontaminasi zat lain. Anda dapat mengetahuinya dengan teknik merasakan wewangian air itu.

2. Masukkan air ke dalam panci yang bersih. Lalu panaskan sampai mendidih 100 derajat celcius.

3. Jika telah mendidih, buka tutup panci dan biarkan uap air mendidih tersebut ke luar. Uap tersebut akan menerbitkan bau yang terdapat dalam air.

4. Matikan apinya. Namun tidak boleh tutup terlebih dahulu tutup pancinya. Biarkan sampai 10 menit.

5. Langsung tuang ke lokasi pendinginan atau teko. Pastikan teko yang dipakai bersih dan tidak menerbitkan bau apapun. Untuk mengawal air tetap steril dari rasa bau apek.

6. Simpan pada lokasi atau ruangan yang tidak terkontaminasi bau apapun.

7. Jika dimasukkan ke dalam lemari es, pastikan tertutup rapat. Pasalnya dagangan yang terdapat di dalam lemari es sangat gampang mengkontaminasi air.

Selalu jaga kesehatan air guna hidup yang lebih sehat.

Share this

Related Posts

First