Mau Diet Hemat? Terapkan 4 Cara Ini

December 15, 2018

Mau Diet Hemat? Terapkan 4 Cara Ini

Orang yang merasa berat badanya berlebih akan melakukan apa pun guna menguranginya. Diet menjadi satu salah satu sejumlah teknik yang ditempuh. Apalagi diet hemat. Cucok.
Tapi terdapat kecenderungan diet malah buat boros. Kok dapat begitu? Bisa banget.
Saat berdiet, terdapat pola santap serta jenis makanan tertentu yang harus dituruti. Masalahnya terdapat pada jenis makanan.

Makanan khusus guna diet relatif mahal, khususnya yang berisi tidak sedikit protein. Belum lagi kegiatan penunjang diet laksana fitness sampai konsultasi gizi, pun konsumsi suplemen.
Tak pelak lagi, diet ingin membutuhkan ongkos ekstra. Lihat saja bagaimana semua artis menunaikan ongkos ini-itu demi menurunkan berat badan dengan cepat.

Terapi diet yang dilakoni Dian Sastro pada 2012 setelah mencetuskan saja biayanya Rp 2,3 juta per kedatangan. Terapi diet ala Dian Sastro minimal dilaksanakan 5 kali.
Jadi ongkos totalnya Rp 11,5 juta. Ingat, tersebut tahun 2012 ya. Pastinya lebih mahal sekarang.

Tapi tunggu dulu. Kita bukan artis. Atau barangkali ada pembaca yang artis, bukan berarti tidak jarang kali meniru gaya hidup artis kan…

Diet dapat jadi buat boros bila terlalu ngoyo atau memaksakan diri. Nyatanya, ada teknik diet irit yang dapat kita lakukan. Berikut ini di antaranya:

1. Kurangi porsi santap saja


Pasti terdapat yang bilang meminimalisir porsi santap gak akan berhasil meminimalisir berat badan. Betul, bila porsi santap berkurang namun ngemil tidak sedikit dan gak pernah berolahraga.
Tapi secara simpel, meminimalisir porsi santap berarti meminimalisir jumlah makanan yang masuk ke tubuh. Tentunya berat badan bakal terpengaruh.

Jadi, tak butuh ganti menu mahal, kurangi porsi makan dapat jadi solusi. Contoh konkretnya ialah dari seringkali ambil nasi 3 centong, sekarang jadi 1 centong.

Atau sebelumnya santap pakai lauk lebih dari satu, contohnya ayam goreng dan tempe goreng, kini pakai satu lauk saja. Intinya ialah mengurangi jumlah makanan yang masuk ke tubuh.
Tapi ingat, santap lebih tidak banyak bukan berarti mesti menyangga lapar. Kuncinya ialah mengurangi makanan yang dulu terlampau banyak supaya normal. Makan secara normal pastinya gak buat lapar dong.

2. Olahraga simpel


Alat olahraga di pusat kebugaran memang buat gairah berolahraga bergelora. Dari treadmill pindah ke barbel, kemudian ke sepeda statis, terus di fitness bench, dan diselesaikan dengan spa yang nikmat.

Enak sih. Namun serangkaian kegiatan tersebut gak gratis. Apalagi bila pakai sewa jasa trainer atau pelatih kebugaran.

Padahal guna joging guna diet gak kalah. Simpel dan cuma-cuma pula guna melakukannya.
Cukup bangun pagi tiap hari dan minum air putih secukupnya, dapat langsung lari kecil kelling kompleks. Disarankan joging paling tidak 15 menit, namun lebih bagus bila sampai 30 menit tiga kali dalam seminggu.

Olahraga joging menggerakkan seluruh bagian tubuh. Di samping menurunkan berat badan, joging berfungsi untuk mengawal stamina dan menanggulangi gangguan tidur.
Mau efek spa? Gunakan jaket parasut ketika joging biar keringat mengucur terbit lebih deras. Diet irit deh!

3. Suplemen? Jamu aja


Tahu Mooryati Soedibyo? Pengusaha sekaligus politikus ini usianya telah kepala sembilan. Tapi tetap bugar, bahkan sempat menjabat Wakil Ketua MPR.
Beliau pernah mengungkapkan bahwa di antara rahasianya tahan lama muda ialah rutin minum jamu semenjak kecil. Nah, jamu yang dimaksudkan itu dapat juga dikonsumsi guna program diet irit dan murah.

Jamu secara umum lebih murah dari suplemen. Harga jamu kunyit asam seukuran botol 750 ml gak hingga Rp 10.000. Apalagi bila belinya di wilayah produsen jamu, laksana Yogyakarta dan Surakarta.
Terlebih suplemen sebagai obat kimia dirasakan lebih dominan  negatif untuk tubuh ketimbang jamu yang bahannya alami. Biar lebih irit lagi, temukan produsen atau penjaja jamu di sekitar tempat tinggalmu supaya bisa berlangganan.

Bila langganan, lazimnya harganya dapat lebih murah. Bisa pun beli via marketplace laksana Tokopedia atau Bukalapak, kemudian tanyakan apakah dapat dapat lebih murah bila berlangganan belinya.

4. Semua buat sendiri


Jus, smoothie, hingga salad buah atau sayur sebagai menu diet usahakan buat sendiri supaya gak boros. Kamu beli jus di pinggir jalan Rp 10 ribu, tersebut pun isinya tidak sedikit gula dan susunya.
Mau diet, justeru nambah berat sebab kebanyakan glukosa. Makanya, pilihan sangat baik ialah membuat seluruh asupan tersebut sendiri.

Beli lemon satu kilo Rp 50 ribu, misalnya, bisa buat hingga 15 gelas jus. Tak butuh pengawet, gula, atau susu. Es batu juga sudah tentu dari air matang.

Demikian pun kalau mau buat smoothie atau salad sendiri. Hitung dulu berapa biayanya bila beli jadi dan berapa kalau buat sendiri.
Secara umum sih pasti akan lebih murah bila semua buat sendiri. Bahannya dapat dipastikan lebih aman lagi.

Diet, laksana bekerja dan menemukan penghasilan, ialah hak seluruh orang. Lebih-lebih untuk mereka yang merasa mutu badannya terlampau tinggi.

Ada dua pilihan, diet boros atau diet hemat. Sejatinya, kita-kita yang berduit dapat saja pilih perawatan dan program diet mahal itu.
Namun bikin apa terbit lebih tidak sedikit uang guna hal yang sebenarnya dapat didapatkan dengan lebih hemat. Toh, tujuannya sama. Kamu pilih yang mana?

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »